Content Strategist adalah profesi yang bertanggung jawab untuk menentukan strategi konten yang tepat untuk mencapai tujuan pemasaran/penjualan suatu perusahaan. Dimulai dari riset konten, produksi sampai pendistribusian di platform yang paling sesuai.
Posisi ini melibatkan berbagai aspek, mulai dari perencanaan konten, pengembangan, desain, produksi, hingga analisis. Content strategist berfokus pada mengembangkan dan meningkatkan promosi melalui kualitas konten. Berikut adalah beberapa tugas utama dari seorang content strategist:
- Membuat spesifikasi dan konten yang sesuai untuk target pasar dari brand.
- Menyusun strategi dan meningkatkan promosi dengan memperhatikan pada kualitas konten.
- Menetapkan strategi editorial agar konten konsisten dan menarik di semua platform.
- Membuat aturan untuk menyamakan tone atau style dari semua konten yang dibuat.
- Mengukur dan menganalisis apakah strategi content marketing sudah berjalan dengan baik.
Sebagai seorang content strategist, Anda juga akan melakukan riset, analisis, dan memantau data yang masuk dari kampanye yang dijalankan. Anda akan membangun konsep dan strategi SEO yang cocok untuk bisnis serta membangun kemitraan dengan pihak lain . Pedoman konten juga menjadi bagian penting dalam pekerjaan ini, termasuk instruksi, saran, dan tata cara membuat konten.
Baca juga: