Search
Close this search box.
Search
Close this search box.
Cara Menjadi Admin Marketplace

17 Cara Menjadi Admin Marketplace Jarang Diketahui!

Bagaimana cara menjadi admin marketplace? Atau kamu sedang ingin merintis karir sebagai admin marketplace? Saat ini posisi ini memang banyak dibutuhkan. Jumlah pesaingnya pun juga banyak.

Namun, kamu tidak perlu khawatir artikel ini mengulas cara memulai karir sebagai admin marketplace. Yuk langsung saja kita simak!

Sekilas tentang Admin Marketplace

Admin online marketplace adalah seseorang yang bertanggung jawab mengatur, mengelola, melayani serta menjalankan kegiatan operasional toko online di marketplace supaya bisa berjalan dengan efektif serta melakukan strategi agar toko online dapat berkembang.

Keberadaan admin marketplace sangatlah penting dalam menentukan perkembangan bisnis toko online. Admin online marketplace yang profesional, pasti mampu meningkatkan pelayanan dan loyalitas pelanggan.

Cara Menjadi Admin Marketplace

Profesi ini banyak dibutuhkan saat ini seiring dengan semakin pesatnya dunia bisnis online. Jobseeker yang ingin berkarir di posisi ini juga banyak jumlahnya. Persaingannya pun semakin ketat loh! Tidak jarang pertanyaan terkait cara menjadi admin marketplace, sering kami temui utamanya dari mereka yang masih merintis karir di posisi ini. Inilah cara menjadi admin marketplace online, berdasarkan pengalaman pribadi saat menjadi admin marketplace.

1. Tertarik dan Terampil Terhadap Perkembangan Teknologi

admin marketplace harus paham teknologi

Tidak hanya admin marketplace, semua pekerjaan di bidang administrasi harus memahami komputer dan internet. Kamu harus paham bagaimana cara mengoperasikan software komputer, aplikasi, browser, mengirim email, dan lain-lain. Perkembangan aplikasi di smartphone juga harus kamu ikuti misalnya aplikasi edit foto atau video. Berdasarkan pengalaman, kamu tidak hanya berkutat dengan komputer tetapi juga smartphone.

2. Paham Media Sosial

Dalam era digital ini, media sosial menyediakan banyak kesempatan untuk mengembangkan bisnis dengan cara yang luas. Kalau kamu amati, pernah nggak menemukan iklan atau postingan di media sosial? Berita yang sedang naik daun tidak terlepas sebagai bahan konten loh. Sebagai seorang admin marketplace, penting untuk memiliki pemahaman yang luas tentang berbagai fitur media sosial dan tren yang sedang populer guna mencapai keuntungan bisnis.

3. Keterampilan Dasar Office

Manajemen inventaris, pengelolaan pesanan hingga perencanaan keuangan pasti membutuhkan keterampilan ini. Skill dasar office wajib kamu kuasai.

4. Kemampuan Berhitung

Meskipun kita bisa menghitung dengan bantuan kalkulator, namun tidak mungkin kan semua harus dihitung dengan kalkulator? Kemampuan berhitung yang cepat akan makin memudahkan kamu dalam memproses orderan dan manajemen inventaris.

5. Memahami Keinginan Pelanggan

chat admin marketplace

Cara menjadi admin marketplace yang tidak boleh ketinggalan adalah memahami keinginan pelanggan. Banyaknya toko online di marketplace, menjadikan pelanggan mempunyai banyak opsi toko lain saat berbelanja. Pelayanan yang baik dengan memperhatikan keinginan pelanggan, akan menjadikan sebuah keunggulan bagi toko online yang sedang kamu kelola.

6. Cepat dan Tanggap

Hampir seluruh waktu admin marketplace dihabiskan untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Komunikasi yang cepat dan tanggap akan membuat pelanggan puas terhadap pelayanan tokomu.

7. Berinisiatif Tinggi

Perkembangan teknologi memacu segala pekerjaan menggunakannya untuk keuntungan bisnis. Termasuk toko online. Admin marketplace diharapkan mempunyai inisiatif tinggi memanfaatkannya bagi keuntungan perusahaan. Contoh kecilnya, membuat reels atau video promosi di sosial media kamu. Dari sini, toko online yang kamu pegang akan lebih dikenal banyak orang.

Kami Juga Menyediakan Artikel Menarik Lainnya Terkait Pekerjaan Admin :
12 Tugas Procurement Staff yang Wajib Jobseeker Ketahui!
Tugas Admin Penjualan Toko dan Kualifikasinya
15 Tugas dan Tanggung Jawab Staff Administrasi di Pabrik

8. Menerapkan Sifat Jujur dan Teliti

Berdasarkan pengalaman pribadi, banyaknya barang yang keluar masuk menjadikan kita sebagai admin terkadang bingung. Tidak jarang, terkadang melakukan kekeliruan. Akhirnya, kamu harus mengulangi pekerjaan tersebut dari awal. Misalnya, saat merekap orderan. Sikap jujur ini berkaitan dengan barang yang toko online jual. Jangan sampai barang yang kita upload tidak sesuai dengan yang dikirim yaa!

9. Menguasai Sistem Transaksi Online

Transaksi online sangat memudahkan penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi tanpa harus bertemu. Ada banyak sekali transaksi online yang bisa toko kamu pilih. Menguasai sistem ini akan mempercepat proses transaksi. Pelanggan cenderung malas, bila toko online kamu hanya mendukung sedikit transaksi online. Pakai beberapa bank dan aplikasi pembayaran yang tersedia di smartphone juga. Gunakan penyedia transaksi online yang tepercaya ya!

10. Manajemen Waktu yang Baik

Pekerjaan admin marketplace tiap harinya pasti tidak ada habisnya. Kegiatannya mulai dari mengatur toko, stok barang hingga rekap orderan. Oleh karenanya, manajemen waktu yang baik membantu kamu dalam menyelesaikan tugas dengan efektif.

11. Tampil Percaya Diri

Hampir semua toko online melakukan promosi di media sosial seperti live tiktok dan instagram. Kegiatan live di marketplace juga sering dilakukan untuk menarik pengunjung. Bekal percaya diri dan sering membuat konten bisa kamu jadikan modal menjadi admin online shop profesional.

12. Kerja Sama Tim

bagaimana cara menjadi admin marketplace

Kamu harus mampu bekerja dengan tim karena toko online yang besar mempunyai tim yang sangat banyak mulai dari content creator, admin gudang, packing dan masih banyak lagi.

13. Mengambil Gambar dan Video

skill fotografi

Admin marketplace juga harus mampu mengambil gambar dan video dengan kualitas yang baik. Gambar dan video sangat menentukan ketertarikan pelanggan terhadap produk yang kita jual. Tutorial ini bisa kamu peroleh dari Youtube.

14. Edit Foto dan Video

Kemampuan editing sederhana dengan smartphone seperti Canva dan CapCut menjadikan nilai tambah saat melamar posisi ini.

15. Pandai Riset

Kemampuan riset kompetitor juga sangat penting saat kamu sudah bekerja nanti.

16. Kemampuan Copywriting

Tidak jarang, toko online belum mempekerjakan copywriter. Meminimalisir budget, pertimbangannya. Sebagai admin marketplace kamu juga dituntut menguasai skill copywriting. Cara mengasah skill ini dengan sering melihat caption di media sosial dan marketplace.

17. Teknik Closing

Kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara membuat pelanggan yang hanya tertarik, berakhir checkout produkmu.

Nah, itulah informasi tentang Cara Menjadi Admin Online Shop. Apakah teman-teman tertarik bekerja di posisi ini? Semoga informasi ini bisa meningkatkan pemahaman kamu tentang profesi ini.

Kamu sedang mencari artikel tentang profesi yang lain? Kami menyediakan artikel tentang pekerjaan, gaji dan pengembangan skill. Tinggal scroll saja! See you.

Share this post