Account manager adalah orang yang bertanggung jawab untuk menjaga hubungan baik dengan klien dan memastikan kepuasan mereka terhadap produk atau layanan yang disediakan oleh perusahaan. Account manager juga berperan sebagai perantara antara klien dan tim internal perusahaan, seperti tim penjualan, pemasaran, atau pengembangan produk.
Account Manager adalah profesi yang ada pada sebuah perusahaan dan memiliki tanggung jawab terhadap manajemen penjualan dan hubungan dengan pelanggan tertentu. Account Manager bertugas mengelola akun dan menjaga relasi dengan klien yang sudah menandatangani kontrak kerja sama dengan perusahaan. Account Manager juga harus memastikan kebutuhan klien terpenuhi, menangani keluhan dari klien, dan mencari peluang bisnis baru.
Pekerjaan account manager melibatkan banyak aktivitas, seperti:
- Mengidentifikasi kebutuhan dan harapan klien, serta memberikan solusi yang sesuai dengan tujuan bisnis mereka.
- Membangun dan memelihara hubungan jangka panjang dengan klien, serta menangani keluhan atau masalah yang mungkin timbul.
- Membuat dan menyajikan laporan berkala tentang kinerja produk atau layanan, serta memberikan saran untuk meningkatkan hasilnya.
- Menegosiasikan kontrak dan perjanjian dengan klien, serta memastikan pembayaran tepat waktu.
- Bekerja sama dengan tim internal perusahaan untuk mengkoordinasikan proyek atau kampanye yang melibatkan klien.
- Mencari peluang baru untuk memperluas portofolio klien atau meningkatkan penjualan.
Pekerjaan account manager adalah pekerjaan yang menantang namun juga menarik. Anda akan berinteraksi dengan berbagai macam klien dan tim internal perusahaan, serta memiliki kesempatan untuk berkontribusi dalam mencapai tujuan bisnis perusahaan.