Apa skill seorang admin gudang yang dikuasai? Kemampuan administrasi, komputer, komunikasi dan masih banyak lagi. Seorang admin gudang harus mempunyai skill yang mumpuni agar pekerjaan berjalan efektif dan menghindari kekeliruan dalam stock barang.
Setelah membaca artikel ini, kamu akan mengetahui dengan jelas skill yang dibutuhkan admin gudang lengkap dengan cara mengembangkan skill tersebut. Yuk langsung kita scroll artikelnya!
Pekerjaan Admin Gudang
Sederhananya, pekerjaan admin gudang adalah memastikan proses yang ada di gudang berjalan dengan lancar. Mereka harus melakukan pencatatan untuk menyinkronkan data yang ada di lapangan (gudang) dengan sistem.
Sebagian besar admin gudang (Warehouse Administrator) yang sukses menjalankan tugasnya, mempunyai keterampilan atau skill yang mumpuni dalam bekerja seperti skill komunikasi dan organisasi.
Skill Admin Gudang
Admin gudang bertanggung jawab penuh terhadap arus keluar masuk barang yang ada di gudang. Tidak hanya itu, seorang admin juga harus mampu menjalin komunikasi dengan rekan kerja di perusahaan dan pelanggan dengan baik agar proses di dalam gudang berjalan efektif. Agar pekerjaan berjalan dengan lancar diperlukan skill mumpuni untuk menjalankan tanggung jawab ini. Nah, inilah beberapa skill yang harus dimiliki oleh admin gudang:
1. Komunikasi
Kemampuan berkomunikasi secara efektif sangat penting bagi seorang admin gudang. Mereka harus dapat berkomunikasi dengan sopir, admin yang lain, atasan dan rekan kerja lainnya. Komunikasi yang efektif akan memudahkan dalam untuk koordinasi aktivitas dan memastikan bahwa pekerjaan gudang berjalan dengan lancar.
2. Kemampuan Organisasi
Skill Admin gudang selanjutnya adalah kemampuan organisasi. Pekerjaan admin gudang melibatkan hubungan dengan banyak orang, baik pihak perusahaan maupun pelanggan.
3. Manajemen Waktu
Manajemen waktu adalah kemampuan untuk menggunakan waktu yang kamu miliki secara efisien dan efektif. Kemampuan ini melibatkan penentuan tujuan, memprioritaskan tugas, dan menggunakan alat dan teknik manajemen waktu untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat.
Pekerjaan gudang yang sangat banyak, menjadikan skill ini penting untuk dimiliki dan diasah oleh admin gudang agar dapat menangani banyak tugas dengan waktu yang lebih singkat. Pernah nggak teman-teman melihat informasi lowongan kerja admin gudang dengan syarat mampu bekerja di bawah tekanan? Nah, inilah pentingnya manajemen waktu agar pekerjaan mampu berjalan cepat dan efektif.
4. Customer Service (Pelayanan Pelanggan)
Bagaimana seorang admin dapat menjalin komunikasi yang lancar dengan pelanggan? Skill melayani pelanggan (customer service) mampu menangani pertanyaan dan keluhan pelanggan secara profesional dan efisien. Kemampuan ini sangat penting bagi setiap admin gudang karena mereka kontak pertama yang terhubung dengan pelanggan.
5. Keahlian Mengoperasikan Komputer
Bukankah hampir setiap pekerjaan saat ini membutuhkan skill komputer?Kemampuan komputer sangat penting bagi seorang admin gudang. Hal ini karena komputer digunakan untuk melacak inventaris, mengelola pesanan, dan berkomunikasi dengan orang lain yang berkaitan dengan stock gudang. Bayangkan saja seorang admin gudang yang tidak menguasai skill ini? Pekerjaan mereka tidak akan berjalan efektif.
6. Entri Data
Entri data adalah proses memasukkan data ke dalam sistem komputer. Dalam pekerjaan gudang, entri data dapat digunakan untuk melacak tingkat inventaris, pengiriman, dan informasi penting lainnya. Seorang administrator gudang harus dapat memasukkan data secara akurat dan efisien untuk mempertahankan catatan operasi gudang yang akurat dan terkini. Setiap perusahaan mempunyai cara dan kebijakan yang berbeda terkait data yang di masukan ke dalam komputer. Skill ini dengan berjalannya waktu, dapat terus kamu asah.
7. Keterampilan Matematika
Meskipun berhitung dapat dilakukan dengan bantuan kalkulator atau program komputer, namun kemampuan berhitung dengan cepat sangat penting bagi pekerjaan ini. Seorang administrator gudang membutuhkan keterampilan matematika agar dapat menghitung tingkat inventaris dengan benar, melacak pengiriman, dan mengelola keuangan. Selain itu, keterampilan matematika diperlukan untuk membuat dan menafsirkan grafik dan bagan, yang dapat digunakan untuk memvisualkan data dan trend.
8. Orientasi Detail
Banyaknya pesanan dan jumlah barang yang keluar masuk gudang menjadikan kamu harus memperhatikan segala proses dengan detail. Kemampuan ini diperlukan untuk melacak tingkat inventaris secara akurat dan memastikan bahwa pesanan dipenuhi dengan benar. Keterampilan ini dapat diasah melalui jam terbang dan memperhatikan lingkungan sekitar.
9. Problem Solving (Menyelesaikan Masalah)
Tidak dapat dimungkiri pasti akan ada masalah yang muncul pada pekerjaan ini. Skill problem solving adalah keterampilan utama bagi setiap admin gudang. Kemampuan ini melibatkan bagaimana cara menangani permintaan pelanggan hingga menemukan solusi dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas.
10. Multi Tasking
Multi tasking adalah kemampuan untuk mengerjakan beberapa tugas sekaligus. Seorang admin harus mampu mengoordinasikan banyak tugas dan proyek secara bersamaan.
11. Kekuatan Fisik
Pada beberapa perusahaan seorang admin gudang juga harus terlibat dalam proses mengangkat barang loh. Oleh karenanya, kemampuan untuk mengangkat dan memindahkan barang juga sangat penting. Proses ini membutuhkan kekuatan fisik dan stamina untuk menghindari cedera dan dapat bekerja secara efisien.
12. Operasi Forklift
Sama halnya dengan skill kekuatan fisik yang kuat, beberapa perusahaan belum memperkerjakan operator forklit. Biasanya perusahaan dengan skala gudang yang kecil, masih menggabungkan tugas admin gudang dan operator forklit.
Operasi forklift adalah proses menggunakan forklift untuk memindahkan, mengangkat, dan menumpuk material di gudang atau lingkungan industri lainnya. Keterampilan ini diperlukan bagi admin gudang untuk memindahkan dan menyimpan bahan dengan aman dan efisien.
Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:
10 Tugas Admin Gudang, Kualifikasi, dan Gaji
Bagaimana Cara Mengembangkan Skill Admin Gudang?
Administrator gudang memainkan peran penting dalam memastikan kelancaran operasi di dalam gudang. Mereka bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan dan mengawasi aktivitas staf gudang, serta mengelola tingkat stok dan inventaris. Skill yang mumpuni sangat penting agar pekerjaan berjalan efektif dan meminimalkan terjadinya kekeliruan. Nah, inilah beberapa cara untuk mengembangkan skill yang bisa kamu lakukan:
1. Mengikuti Pelatihan atau Pendidikan Formal di Bidang Logistik
Mengikuti pelatihan di bidang logistik, akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang prinsip dan praktik dalam mengelola gudang. Pelatihan ini pastinya akan memberikan pengalaman berharga untuk kamu, agar saat bekerja di gudang secara nyata dapat berjalan dengan efektif.
2. Magang Bekerja di Lingkungan Gudang
Kamu bisa mendapatkan pengalaman dengan mengikuti magang atau bekerja part time di gudang.Dengan mendapatkan pengalaman langsung menjalankan gudang sehari-hari, admin gudang akan mengetahui apa saja tantangan dan masalah yang mungkin mereka hadapi saat bekerja secara full time di gudang nantinya.
3. Mengikuti Perkembangan Teknologi dan Perangkat Lunak yang Digunakan di Gudang
Setiap perusahaan mempunyai cara tersendiri dalam memanfaatkan teknologi dan perangkat lunak untuk memudahkan pekerjaan. Seorang admin gudang harus mengetahui perubahan teknologi dan mampu menerapkanya.
4. Berjejaring dengan Profesional Lain yang Bekerja di Industri Logistik
Menjalin relasi dengan orang lain yang bekerja di bidang logistik dan pergudangan akan memudahkan kamu untuk berbagi ide dan belajar dari pengalaman satu sama lain.
Nah, itulah informasi tentang skill admin gudang dan cara mengembangkannya. Bagaimana kamu tertarik bekerja sebagai admin gudang?
Bila artikel ini bermanfaat, bagikan juga ke sosial media kamu. Mployee juga menyajikan artikel dengan topik pekerjaan lainnya yang siapa tahu sedang kamu cari. Dapatkan update artikelnya tiap minggu!