Istilah konsultan bisnis tersusun dari dua kata, business yang berarti bisnis dan consultant yang memiliki arti penasihat. Konsultan bisnis adalah seseorang / perusahaan yang memberikan nasihat kepada perusahaan maupun individu agar perusahaan tersebut dapat lebih maju, berkembang dan efisien.
Konsultan bisnis menyediakan jasa konsultasi kepada suatu organisasi/lembaga/perusahaan, agar semakin berkembang dan lebih efisien. Konsultan bisnis mengidentifikasi masalah dan memberikan solusi. Ia membuat perencanaan bisnis ke depan agar bisa memenuhi target yang diinginkan perusahaan.
Konsultan bisnis merupakan seseorang yang ahli dalam bidang ekonomi dan bisnis. Konsultan bisnis sangat diperlukan bagi para pebisnis yang ingin berkonsultasi mengenai pengembangan, perencanaan, masalah atau hal-hal lain mengenai bisnisnya.
Selain itu, berbeda dengan pekerjaan yang terikat seperti pekerjaan kantoran lainnya, waktu kerja profesi ini sangatlah fleksibel.
Biasanya konsultan bisnis diperlukan oleh sederet pembisnis lainnya yang ingin berkonsultasi mengenai perencanaan dan perkembangan bisnisnya. Konsultan bisnis bisa dikatakan sebuah bisnis yang merangkul bisnis lainnya.
Konsultan bisnis memberikan analisis terhadap praktik perusahaan yang ada dan membuat rekomendasi untuk perbaikannya. Para profesional ini sering berspesialisasi dalam satu bidang manajemen bisnis, seperti sumber daya manusia.
Misalnya, rumah sakit dapat menyewa konsultan bisnis perawatan kesehatan untuk membantu mengembangkan program pelatihan karyawannya lebih lanjut atau pusat distribusi dapat menyewa konsultan bisnis logistik untuk merampingkan departemen pengirimannya.
Tujuan Profesi Konsultan Bisnis
Beberapa tujuan profesi konsultan bisnis itu yakni:
1. Meningkatkan sales (penjualan) dan revenue (keuntungan)
Konsultan bisnis memiliki andil yang cukup besar dalam suatu perusahaan mencapai targetnya.emaksimalkan performa pegawai.
Konsultan bisnis sangat konsisten dalam memberikan bimbingan kepada kliennya, jadi tak heran jika profit perusahaan meningkan seiring tumbuhnya perusahaan.
2. Menghindari kerugian financial
Dengan memperkerjakan seorang konsultan bisnis, perusahaan Anda akan bisa terhindar dari kerugian keuangan. konsultan bisnis akan menjamin keberlangsungan bisnis yang Anda jalankan ke depannya.
Hal ini terlihat dari konsistensi konsultan bisnis yang tetap menjalin komunikasi yang baik untuk memberikan informasi relevan terhadap kemajuan bisnis para klien.
3. Meningkatkan efisiensi perusahaan
Seorang konsultan bisnis akan melakukan observasi mendalam dalam suatu bisnis untuk menemukan permasalahan yang dihadapi dan menyiapkan berbagai macam solusi dan strategi untuk mengatasi supaya tidak terjadi masalah selanjutnya.
4. Menambah jaringan yang luas
Dengan pengalamanya seorang konsultan bisnis biasanya dapat memeberikan informasi mengenai sumber daya yang belum dimiliki oleh pelaku bisnis.
Dalam menjalankan perencanaan bisnis yang telah diberikan konsultan bisnis, sering sekali kita membutuhkan sumber daya yang belum kita miliki.
Seorang konsultan bisnis yang telah menangani begitu banyak klien terkadang bisa mempertemukan klien-kliennya jika, bisa membentuk suatu kerjasama yang saling menguntungkan. Win-win solution.
5. Memiliki banyak trik jitu
Seorang konsultan bisnis juga dituntut punya banyak trik untuk mengatasi setiap perubahan yang terjadi pada bisnismu. Konsultan bisnis cenderung memanfaatkan setiap peluang yang ada, termasuk peluang-peluang terkecil pun.