SEM (Search Engine Marketing) kerap dikatakan memiliki peran yang sama dengan SEO Spesialist dalam suatu perusahaan.
SEM spesialist mempunyai peran untuk membuat website atau blog perusahaan berada pada urutan teratas. Tapi, tentu ada bedanya dengan SEO specialist.
SEM specialist lebih menekankan pada aktivitas marketing dengan mengunakan iklan berbayar pada mesin pencari seperti google, Bing atau Yahoo.
Selain pengoptimalan bagi mesin telusur, SEM specialist juga menyertakan penggunaan penelusuran berbayar sebagai komponen.
Pengguna SEM umumnya identik dengan penawaran produk.
Biasanya, pengguna SEM yang beriklan di search engine adalah toko-toko online yang memiliki produk atau jasa untuk dijual.
Meskipun ada, umumnya sangat jarang ditemukan pengguna SEM yang mempromosikan konten tulisan saja.
Search Engine Marketing dalam format teks biasanya menggunakan Google Ads, Bing, dan Yahoo Gemini.
Sekilas Tentang Google Ads
Google Ads menjadi salah satu pilihan cara yang sangat populer diantara metode SEM lainnya.
Apa sebetulnya yang dimaksud dengan Google Ads? Sebetulnya Anda pasti sudah sering melihat iklan Google Ads, namun mungkin Anda belum menyadari terms atau arti dari kata tersebut.
Google Ads dan SEO
Jika diperhatikan, di samping kiri URL website mereka akan muncul kata “AD” atau “IKLAN” tergantung dari setting bahasa yang digunakan.
Untuk website yang tidak menggunakan Google Ads, akan otomatis muncul di urutan ke-5 pada gambar di atas. Website yang berada pada urutan ke-5 diatas tidak menggunakan Google Ads, melainkan menggunakan metode Search Engine Optimization (SEO).
Menentukan Posisi Iklan / Ad Rank pada Google Ads
Mungkin Anda sekarang bertanya-tanya, bagaimana sistem bidding pada Google Ads? Bagaimana cara agar iklan Anda mendapatkan posisi teratas, bukan ke-2, dan seterusnya?
Jawabannya adalah tergantung dari banyak faktor! Rumus dari Ad Rank/posisi iklan adalah CPC Bid X Quality Score. Dimana CPC Bid merupakan budget yang sudah Anda tentukan untuk setiap klik ke iklan Anda.
Quality score sendiri akan ditentukan oleh Google, jadi tidak melulu marketer yang memasang budget tertinggi yang akan muncul di posisi teratas. Kualitas dari iklan sendiri mempunyai faktor besar dalam menentukan posisi iklan.