Apa tugas admin notaris, kualifikasi serta berapa gajinya? Pertanyaan ini pasti sering dicari jawabannya oleh para jobseeker untuk posisi admin notaris. Apalagi kesempatan bekerja di posisi ini terbuka lebar bagi fresh graduate. Banyak loh para lulusan SMA/K yang bekerja sebagai admin notaris kemudian melanjutkan pendidikan S1 lalu S2 dengan jenjang karir notaris kedepannya. Nah, artikel ini akan memberikan informasi tentang pengertian staff notaris, tugas, kualifikasi serta cara mendapatkan pekerjaannya. Yuk simak, jangan sampai ada yang terlewat ya!
Apa Itu Staff Notaris?
Peran staff notaris sangat membantu pekerjaan notaris dalam pembuatan akta, komunikasi dengan klien dan pekerjaan administratif lainnya. Sebenarnya siapa saja yang bisa menjadi staff notaris ini? Kita simak dulu pengertiannya ya!
Staff notaris adalah seorang profesional yang berperan membantu pekerjaan notaris, terutama dalam administratif dalam pembuatan akta. Kedudukan dan tugas Staff Notaris ini diatur dalam undang-undang loh, tercantum dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2014 tentang Jabatan Notaris. Sama halnya dengan notaris yang harus menjaga kerahasiaan dokumen, staff notaris juga harus mampu menjaga rahasia dokumen klien. Seorang staff notaris digambarkan dengan pribadi yang jujur, bertanggung jawab, teliti dan berintegritas.
Berbeda dengan notaris yang harus menyelesaikan S2 Magister Kenotariatan, pekerjaan staff notaris ini terbuka lebar bagi lulusan SMA/K dengan kualifikasi yang memenuhi. Sebagai poin penting juga, bila ingin bekerja di kantor notaris kamu harus akrab dengan UU kenotarisan dan kewenangan notaris. Tidak dapat dimungkiri karena berkaitan dengan data dan hukum, posisi sebagai staff notaris menuntut kamu untuk teliti terhadap detail pekerjaan.
Tugas Admin Notaris
Kalau kita lihat secara umum tugas staff notaris mulai dari pembuatan akta, komunikasi dengan klien dan pekerjaan administratif lainnya. Tidak hanya itu saja loh, nyatanya tugas admin notaris di kantor notaris juga diatur sesuai dengan Pasal 16 Undang-Undang Nomor 02 Tahun 2014, sebagai berikut:
- Membuat daftar akta.
- Membuat bundel minuta akta menjadi satu bundel untuk satu bulan. Apabila akta lebih dari 50 buah, dijilid menjadi lebih dari satu bundel.
- Membuat buku daftar surat di bawah tangan yang disahkan (waarmerking), daftar surat di bawah tangan yang dibukukan (legalisasi) dan daftar surat lain yang diwajibkan sesuai Undang-Undang.
- Mencatat dalam repertorium tanggal pengiriman daftar wasiat pada setiap akhir bulan.
- Membuat buku daftar klapper untuk para penghadap.
- Membuat buku daftar klapper untuk legalisasi.
- Membuat buku daftar klapper untuk waarmerking.
Tidak hanya itu saja, admin notaris juga mempunyai segudang tugas lain seperti:
- Menerima sekaligus mengirim surat atau dokumen yang berisi tentang kegiatan kantor notaris
- Menyusun arsip kantor notaris agar dikemudian hari mudah ditemukan saat membutuhkan
- Mengurus seluruh dokumen yang membutuhkan tanda tangan notaris dan klien
Selain Admin Notaris, kami juga menyediakan artikel tentang tugas admin lainnya:
Tugas Utama Admin Sales dan Kisaran Gajinya
Tugas Admin Tambang dan Kualifikasinya
Tugas HR Administrator: Pengertian, Kualifikasi dan Gajinya
Kualifikasi Admin Notaris
Bagaimana kamu tertarik bekerja sebagai Admin Notaris? Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, posisi ini terbuka lebar mulai dari lulusan SMA/K. Hal terpenting, kamu harus memenuhi kualifikasinya. Nah, berikut kualifikasi yang harus seorang Staff Admin Notaris miliki:
1. Sikap Jujur dan Teliti
Sebenarnya hampir semua pekerjaan membutuhkan orang yang mempunyai sikap ini bukan? Seorang staff notaris haruslah mempunyai ketelitian yang tinggi, hal ini karena kamu harus berkutat dengan banyak dokumen penting setiap harinya. Di mana setiap dokumen tersebut juga saling berkaitan dengan membutuhkan dokumen lain. Selain itu, sikap jujur juga wajib ada pada diri seorang staff notaris. Hal ini karena apa yang kamu kerjakan berisi data dan dokumen penting.
2. Memahami Isi Undang-Undang Kenotariatan
Undang-undang kenotariatan digunakan oleh notaris sebagai pedoman cara bekerja secara profesional. Sebagai karyawan di kantor notaris, kamu juga harus memahaminya agar dapat bekerja membantu notaris sesuai dengan ketentuan dan prosedur.
3. Memahami Kearsipan Dokumen Akta
Mengarsipkan dokumen sehingga mudah ditemukan ketika dibutuhkan merupakan tugas atau tanggung jawab admin notaris setiap harinya. Sebagai contoh kamu bisa menyimpan dokumen berdasarkan abjad, jenis urusan (surat berharga taya akta jual beli), nama wilayah serta tanggal.
4. Mampu Bekerja Secara Individu dan Tim
Adakalanya kamu bekerja secara individu dan tim. Biasanya kantor notaris mempekerjakan beberapa karyawan. Nah, disinilah kemampuan bekerja tim sangat dibutuhkan dalam pembagian jobdesc dan menyelesaikan pekerjaan dari klien dengan cepat dan akurat.
Gaji Admin Notaris
Melansir dari Indeed, salah satu platform yang menghubungkan job seeker dengan perusahaan gaji Admin Notaris paling rendah berkisar Rp 1.700.000 dan tertinggi Rp 2.700.000. Referensi lainnya menyebutkan gaji Staff Notaris berkisar Rp 2.500.000 hingga Rp 6.000.000. Besarnya gaji ini tentunya berbeda bagi lulusan SMA/K dengan D3 dan S1. Tidak hanya latar belakang pendidikan, gaji notaris juga dipengaruhi oleh pengalaman, beban kerja serta UMK setempat.
Cara Mendapatkan Lowongan Kerja Sebagai Admin Notaris
Berdasarkan hasil penelusuran kami, sangat mudah menemukan lowongan pekerjaan sebagai admin notaris. Apalagi pekerjaan ini juga hampir tersebar di seluruh Indonesia, utamanya di perkotaan. Kamu bisa mencari langsung di Google dengan memasukan keyword “lowongan admin notaris”, “lowongan admin notaris terdekat”. Selain itu bisa juga mencari melalui instagram atau facebook di kolom pencarian. Paling mudah lagi, kamu bisa mencarinya di OLX loh. Berdasarkan pengalaman kami, lowongan kerja admin notaris di OLX ini biasanya syarat pendidikan yang harus dipenuhi adalah lulusan SMA/K. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa mendatangi kantor notaris di sekitar domisili, biasanya bila ada lowongan kerja mereka akan menempelkan informasinya di luar dinding kantor. Jika beruntung, kamu akan menemukan di lokasi terdekat rumah kamu.
Nah, itulah tugas serta gaji dan cara mendapatkan pekerjaan sebagai admin notaris. Tetap semangat teman-teman jobseeker. Semoga informasi ini bermanfaat. See you.