1. Social Media Savvy!
Untuk menjadi seorang Social Media Specialist, Anda tentunya harus memiliki minat yang tinggi dalam menggunakan media sosial. Anda harus mengetahui berbagai macam media sosial yang sering digunakan oleh audiens.
Ini mencakup kemampuan dalam menggunakan tools media sosial, tools analytic, social media ads hingga mengetahui jenis konten apa yang paling tepat di setiap platform dan cara mengoptimalkannya.
Anda juga harus peka tentang topik yang sedang hangat dibicarakan atau sesuatu yang sedang tren agar konten bisa up to date dan kekinian. Menyukai media sosial merupakan hal yang paling penting dari pekerjaan ini!
Caranya agar Anda dapat menjadi social media specialist yakni Anda membutuhkan kemampuan dasar di bidang media sosial tersebut.
2. Memiliki Skill Komputer
Setelah memiliki kemauan yang tinggi terhadap media sosial, tentunya seorang social media specialist wajib menguasai pemahaman komputer, seperti WordPress, Blog, dan aplikasi lainnya untuk memposting tulisan.
3. Kemampuan Copywriting dan StorytellingÂ
Seorang social media specialist menjadi suara dibalik saluran media sosial perusahaan. Ia bertugas untuk memberi pemahaman orang-orang akan perusahaan Anda melalui media sosial. Untuk melakukan tugasnya tersebut, Anda harus memiliki skill dalam menulis dan storytelling yang kuat.
Manfaat memiliki kemampuan ini, Anda tidak hanya akan dapat menciptakan caption atau bentuk komunikasi tertulis lainnya yang dapat menarik audiens, namun juga dapat menciptakan tone yang tepat di semua platform media sosial perusahaan.
Selain itu, memiliki pengetahuan SEO akan sangat membantu social media specialist dalam merancang strategi media sosial untuk membantu menarik audiens yang lebih besar dan mengarahkan ke lebih banyak pelanggan potensial.
Harus perbanyak baca atau cari referensi yang bisa dijadikan bahan tulisan.
4. Manajemen Waktu Stabil
Menjadi social media specialist tentunya wajib untuk memiliki manajemen waktu yang baik. Mulai dari memposting konten, revisi konten, revisi desain, hingga editing harus berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan.
Oleh karena itu, Anda harus pintar menentukan segala hal yang lebih baik dikerjakan lebih dahulu agar satu persatu semuanya selesai.
5. Kemampuan Berkomunikasi Baik
Kemampuan berkomunikasi dengan baik menjadi kunci dari setiap pekerjaan. Seorang karyawan, seperti Social Media Specialist akan bekerja sama dengan departemen lain untuk sama-sama membangun tujuan perusahaan.
Hal ini juga dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan para audiens untuk menarik banyak pelanggan. Anda juga bisa melakukan kedekatan komunikasi secara virtual dengan tulisan, SEO, editing, dan lain-lain.
6. Paham Tools yang Akan Digunakan
Ada banyak tools yang digunakan oleh seorang Social Media Specialist untuk memudahkan pekerjaannya.
Anda harus menguasai berbagai tools, seperti Google Analytics, Hootsuite, Instagram Insight, Facebook Insight untuk memantau perkembangan media sosial yang dikelola.
7. Kemampuan Analisis yang Baik
Kemampuan analisis memainkan peran penting dalam membantu Anda menjalankan peran sebagai social media specialist. Anda akan membutuhkan kemampuan ini untuk menganalisis dan menilai data media sosial, menganalisis metrik konversi yang ada dan membuat laporan media sosial.
Melakukan analisa dengan tepat akan membantu Anda merancang strategi yang lebih tepat dalam aktivitas dan kampanye di media sosial.
8. Punya Nilai Aesthetic
Aspek visual tidak dapat dipungkiri sangat penting dalam media sosial. Pasalnya dalam brand storytelling tidak hanya cukup dilakukan dengan kata-kata saja, namun juga membutuhkan presentasi estetik yang menarik di semua platform.
Untuk itu, memiliki selera desain yang baik dan mampu menerjemahkannya menjadi konsep dan konten yang menarik adalah hal yang harus dimiliki social media specialist.Â
Ini bukan berarti Anda harus terampil dalam hal desain menggunakan photoshop. Namun, setidaknya Anda dapat menggunakan alat pembuat konten sederhana seperti canva, giphy atau adobe spark yang dapat membantu Anda dalam menciptakan postingan yang menarik.
Atau Anda bisa bekerja sama dengan tim desain. Makanya, Anda juga harus memiliki selera visual desain yang baik agar bisa mencocokan atau melihat kelayakan desain yang akan diposting.
9. Kreatif
Jika konten yang dibagikan tidak kreatif, tidak menarik, monoton dan membosankan, maka itu secara otomotasi brand akan kehilangan pelanggannya.
Untuk itu seorang social media specialist baiknya memiliki kreativitas sebagai skill penunjang.
Anda harus dapat memunculkan ide-ide baru yang menarik, kreatif dan inovatif dalam merancang kampanye di media sosial sehingga tidak hanya tetap menjaga keterlibatan follower, Anda juga dapat membantu media sosial perusahaan tetap menonjol di banding pesaing lainnya.
10. Manajemen Komunitas
Hal yang paling penting dalam keberadaan media sosial bagi brand adalah untuk terhubung dan terlibat dengan pelanggan yang menjadi komunitasnya secara efektif.
Untuk itu Anda harus memiliki kemampuan dalam membangun koneksi dan terlibat aktif dengan komunitas online dan pelanggan potensial di berbagai jejaring sosial brand.
11. Dapat Berpikir Cepat
Tren di dunia media sosial berkembang sangat cepat. Seorang social media specialist harus mampu berpikir cepat, mengadaptasikan ide kreatifnya dengan tren yang ada.
Jangan sampai konten yang dibuat tidak update dan menurunkan ketertarikan dari audiens.